Dongeng Katak Jahat dan Tikus Petualang



Suatu ketika seekor tikus muda yang mencari petualangan baru, berjalan menyusuri pinggiran kolam di mana di kolam tersebut tinggallah seekor katak. Saat katak tersebut melihat tikus, dia berenang menuju ke tepi kolam dimana tikus berada dan berkata:
"heyy Tikus muda sedang apa kamu di sini ?."
“ aku sedang memandang alam yang indah ini dan aku akan berpetualang” jawab tikus penuh semangat
Dalam benak sang katak, sang katak memiliki akal licik untukmengerjai sang tikus.
“ Wow itu hal yang menarik, maukah kamu mengunjungi rumahku, tikus muda sang petualang” ajak sang katak kepada Tikus muda
Sang  Tikus  yang sangat ingin berpetualang tidak berpikir panjang lagi,  dan ia menerima ajakan sang Katak karena dia sangat ingin berpetualang ke seluruh dunia dan melihat segala yang ada di dunia.
“Namun aku tidak lah begitu ahli dalam hal berenang wahai sang katak.” Ucap Tikus muda dengan cemas.

“(hahahahaha Kebetulan sekali , aku akan mengerjai kamu) ucap sang katak di dalam hati.
“ hey hey hey..... jangan cemas tikus muda aku akan di sampingmu membawamu dan berenang di sampingmu dan menjagamu” rayu sang katak dengan sangat manis dan raut wajah penuh senyuman

Sang katak memiliki akal, agar sang Tikus bisa yakin bahwa katak akan dapat selalu membantu sang Tikus saat berenang di kolam, dia mengikat kaki tikus tersebut ke kakinya sendiri dengan seutas tali. Lalu dia melompat ke dalam kolam, sambil menarik tikus muda yang polos.

Tikus muda terombang – ambing di kolam dan sesekali tenggelam dan kemudian ditarik kepermukan lagi oleh sang katak, lalu kembali terombang – ambing dan begitu seterusnya berulang – ulang....

Sang tikus yang terbawa-bawa berenang bersama katak akhirnya merasa cukup dan ingin kembali ke pinggiran kolam.
tetapi sang Katak yang jahat memiliki rencana lain. Dia kemudian menarik Sang Tikus masuk ke dalam air dan sang tikus muda memohon ampun untuk melepaskanya kepermukaan .

Namun sang katak malah tertawa kegirangan melihat tikus muda tersiksa. Dan di benaknya timbul akal licik lagi, “( ah aku akan menarik tikus muda ke air yang lebih dalam lagi)”

 Tetapi sebelum sempat  sang Katak Membawa tikus ke air yang lebih dalam lagi, seekor elang terbang menyambar ke bawah, menangkap Sang Katak . ketika Burung elang mengangkat sang katak keudara tali yang mengikat di kaki katak dan tikus terlepas dan membuat tikus yang ikut terangkat keudara terjatuh ke semak semak, dan menyelamatkan sang tikus.

Tikus muda melihat keatas sang katak semakin jauh semakin terlihat kecil di bawa oleh burung elang yang akan menjadi santapan si burung elang.


 Pesan Moral : Janganlah Suka Jahat terhadap Mahluk lain, karena bisa jadi  jika berbuat jahat akan mendapatkan balasan yang lebih parah lagi.