Trik Kucing dan Rubah




Suatu Hari, ada seekor kucing dan seekor rubah yang melakukan perjalanan bersama-sama. Sambil berkelana Mereka sering melakukan segala sesuatu bersama –sama  Seperti bermain, berburu bahkan berbagi tempat istirahat yang sama ketika mereka letih atau butuh istirahat, mereka sama-sama berburu tikus ataupun ayam yang gemuk di sepanjang perjalanan dan ketika mereka mulai memakan hasil tangkapan berburu, mereka sering mengobrol sambil berdebat. Namun terkadang perdebatan mereka membuat salah satunya marah.

Seperti Pada Kejadian Kali Ini."Kamu pikir kamu pandai sekali ya?" kata sang Rubah. "Ataukah kamu hanya sok tahu? Karena tentulah saya lebih banyak mengetahui trik-trik keren dibandingkan kamu!"
Sang Kucing pun membalas dengan nada marah, "Saya mengaku, saya hanya menguasai satu trik, tetapi dengan satu trik ini, terus terang saya katakan, Trik saya inin bernilai seribu kali lebih baik dari pada trik-trikmu!"

Tidak berapa lama, mereka mendengarkan Suara Senapan dari  pemburu dan gonggongan anjing pemburu. Dalam sekejap, sang Kucing memanjat ke atas pohon dan bersembunyi di antara daun-daunan yang lebat.
"Inilah trik saya," katanya kepada sang Rubah. "Sekarang perlihatkan padaku trik-trikmu yang berharga."

Sang Rubah pun memulai berpikir Trik mana yang akan dia gunakan, namun Sang Rubah Sedikit Terlihat bingung.
Walaupun sang Rubah memiliki banyak rencana untuk meloloskan diri, ia tidak dapat menentukan rencana dan trik yang mana , yang akan dicobanya terlebih dahulu. Saat anjing pemburu telah dekat, ia mencoba menghindar kesana-kemari. Kemudian ia mempercepat larinya, lalu bersembunyi masuk ke dalam lubang, tetapi semuanya sia-sia. Anjing-anjing pemburu itu pun berhasil menangkapnya.

Pesan Moral : Janganlah mengejek satu keahlian yang dimiliki, karena satu keahlian  selalu lebih berharga dibandingkan banyak Keahlian yang tidak digunakan dengan baik.